Jumat, 11 Januari 2013

Pengertian kekkei genkai dan kekkei tota

Pengertian Kekkei Genkai



Kekkei Genkai (Secara harfiah berarti "teknik yang terbatas pada keturunan sedarah" dalam istilah inggrisnya adalah "Bloodline Limit") adalah kemampuan yang diturunkan secara genetik dalam klan tertentu. Tapi ini juga memungkinkan bagi seorang ninja untuk memiliki lebih dari satu (kekkei genkai) kemampuan tersebut. Kekkei Genkai yang bekerja melalui mata pengguna disebut dojutsu. Selain Dojutsu, Kekkei Genkai juga bisa diartikan mencampur satu jenis elemen dasar dengan elemen dasar yang lain , Yang menghasilkan elemen baru yang khas untuk dirinya saja, yang biasanya tidak mungkin dilakukan untuk seorang ninja biasa.

Kekkei Genkai dan teknik terkait mereka tidak dapat diajarkan atau ditiru oleh orang lain. Namun, kekkei genkai dapat diberikan kepada orang lain. Dojutsu atau kekkei genkai lainnya terisolasi pada suatu organ tubuh pemiliknya, yang dapat ditransplantasikan ke tubuh orang lain, seperti yang dilakukan dengan mentransfer Sharingan Kakashi dari Obito. Penggunaan organ-organ kekkei genkai ini membutuhkan chakra lebih banyak dari orang yang terlahir dengan kekkei genkai itu. Elemen dasar juga dapat "ditularkan" ke orang lain di luar garis keturunan klan mereka, seperti Yamato, melalui modifikasi DNA Hasirama yang dilakukan oleh Orochimaru, dia memiliki Kekkei Genkai Hashirama, Mokuton. Namun, keterampilan Yamato dalam menggunakannya hampir tidak sekuat pengguna aslinya, Hashirama Senju.

Meskipun kekkei genkai biasanya diturunkan melalui keturunan genetik suatu klan tertentu, tapi kadang-kadang Kekkei genkai hanya khas untuk satu orang saja, dan bahkan keluarga terdekatnya sekalipun (anak contohnya) tidak memiliki / diturunkan kekkei genkai itu. Seperti contohnya adalah Mokuton dan Shikotsumyaku. Namun sebaliknya, kekkei genkai tampaknya bisa muncul pada individu yang tidak saling kenal bahkan tidak memiliki hubungan darah sama sekali, seperti Yoton (Lava), yang dimiliki oleh seseorang ninja dari Kirigakure, Iwagakure, dan Kumogakure. Sementara Jiton (Magnet), dimiliki oleh seorang ninja dari Kumogakure dan Sunagakure.

Variasi lanjutan dari kekkei genkai (Bloodline Limit) dikenal sebagai kekkei Tota (Bloodline Selection).

Jenis dan Macam Kekkei Genkai

Enton : Blaze Release (Elemen Api, tapi bukan Katon)

Blaze Release (炎 遁, Enton; Viz "Inferno Style") adalah tahap lanjutan dari cakra alam. Uchiha Sasuke menggunakan tekhnik ini ketika memanipulasi api hitam yang tidak bisa padam, Amaterasu. C menyatakan bahwa Sasuke memanipulasi Amaterasu dengan Mangekyo Sharingan mata kanannya, sedangkan Mangekyou Sharingan kirinya digunakan untuk mengendalikan Amaterasu itu.

Futton : Boil Release (Elemen Uap)

Boil Release (沸 遁, Futton; Viz "Vapour Style") adalah salah satu dari dua kekkei genkai Mei Terumī dan terbentuk dari teknik yang menggabungkan elemen api dan elemen air dan menciptakan uap asam  korosif yang sangat kuat yang mampu melelehkan apa saja. Pengguna juga dapat mengontrol tingkat keasaman uap itu.

Shōton : Crystal Release (Elemen Kristal)

Crystal Release (晶 遁, Shōton; Inggris (TV) "Crystal Style") adalah hal yang langka dan khusus dari elemen ninjutsu yang dapat menciptJenis Kekkei Genkai Beserta Penggunanya :akan kristal serta memanipulasi kristal yang sudah ada dan bisa juga memanipulasi struktur kristal.

Meiton : Dark Release (Elemen Kegelapan)

Dark Release (冥 遁, Meiton) adalah pengembangan kekkei genkai yang dapat digunakan untuk menyerap, memanipulasi, dan mengeluarkan chakra yang diambil/diserap dari lawan. Hiruko (Naruto Shippuden The Movie 3, Inheritor of The Will of Fire) menggunakan teknik ini melalui tanda pada tangan kirinya. Tanda ini menyerupai dua berlian, tumpang tindih antara yang satu dengan yang lain. Chakra diserap melalui lambang berlian yang atas, sementara melepaskan dan memanipulasi chakra itu melalui lambang berlian dibagian bawah.

Jinton : Dust Release (Elemen Debu)

Dust Release (尘 遁, Jinton; Viz "Particle Style") adalah pengembangan kekkei genkei yang telah menjadi kekkei Tota, versi lanjutan dari kekkei genkai, yang diciptakan melalui penggunaan elemen tanah, angin, dan api. Teknik-teknik alam (elemen) ini awalnya berbentuk seperti objek tiga dimensi kecil (misalnya kubus, kerucut, dll) yang terdiri dari chakra yang membentuk sebuah bentuk diantara kedua tangan pengguna. Bila teknik dilepaskan, bentuk yang kecil tadi akan membesar dan mengelilingi/mengurung target. Tekhnik ini memungkinkan pengguna untuk memanipulasi molekul, memberi mereka kemampuan untuk menghancurkan apapun sampai pada tingkat molekul yang terbatas dalam batas-batas wadah bentuk tiga dimensi yang dikeluarkan tadi.

Bakuton : Explosion Release (Elemen Peledak)

Explosion Release (爆 遁, Bakuton) adalah salah satu dari kekkei genkai. Sifat chakra pengguna bakuton tampaknya memberikan pengguna kemampuan untuk memanfaatkan chakra ledakan dalam pertempuran, yang memungkinkan mereka untuk menyebabkan ledakan di benda yang mereka sentuh.

Hyōton : Ice Release (Elemen Es)

Ice Release (冰 遁, Hyōton; Inggris (Viz) "Haku's Secret Arts of Water", Inggris (TV) "Ice Style") adalah sebuah kekkei genkai dari klan Yuki, yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan elemen  angin dan air untuk menciptakan elemen es yang bisa dimanipulasi sesuai kemauan si pengguna itu sendiri. Es milik Haku, sebagian besar dibuat kebal terhadap serangan berelemen api, es ini hanya sedikit mencair saat bersentuhan dengan api.

Yōton : Lava Release (Elemen Lava)

Lava Release (熔 遁; 溶 遁, Yōton; Viz "Corrosion Style" atau "Lava Style") adalah kekkei genkai yang menggabungkan elemen api dan elemen tanah untuk menciptakan elemen lava.

Jiton : Magnet Release (Elemen Magnet)

Magnet Release (磁 遁, Jiton) adalah kekkei genkai yang memungkinkan pengguna untuk mengkonversi chakra menjadi kekuatan magnetik dan membuat suatu obyek yang disentuh / tersentuh menjadi memiliki sifat magnet. Tidak diketahui darimana Kekkei Genkai ini berasal, tetapi Sunagakure dan Kumogakure memiliki shinobi pengguna elemen ini di masa lalu.

Kōton : Steel Release (Elemen Baja)

Steel Release (钢 遁, Kōton) adalah kekkei genkai yang dapat digunakan untuk membuat tubuh seseorang hampir tidak bisa dihancurkan dengan mengubahnya menjadi baja hitam.

Ranton : Storm Release (Elemen Badai)

Storm Release (岚 遁, Ranton; Inggris (Viz) "Gale Style") adalah kekkei genkai yang menggabungkan elemen petir dan dan elemen air untuk membuat sekumpulan energi yang dapat dilepaskan dan diarahkan menuju musuh.

Jinton : Swift Release (Elemen Kecepatan)

Swift Release (迅 遁, Jinton) adalah kekkei genkai yang dapat digunakan untuk bergerak dengan kecepatan sangat tinggi, hampir tanpa waktu, memberikan pengguna keuntungan atas lawannya dengan kekuatan yang lebih di sisi kecepatan, seolah penggunanya dapat meningkatkan kekuatan chakranya. Kekkei genkai ini membuat pengguna kebal terhadap taijutsu karena tidak ada taijutsu yang sanggup menyamai kecepatannya hanya sekedar untuk menyentuh si pengguna elemen kecepatan ini.

Mokuton : Wood Release (Elemen Kayu)

Wood Release (木 遁, Mokuton; Inggris (TV) "Wood Style") adalah kekkei genkai yang menggabungkan elemen tanah dan elemen air  untuk menciptakan elemen kayu, bahkan bisa membuat pohon lengkap dengan daun daunnya. Kemampuan ini juga dapat digunakan untuk membuat bagian lain dari pohon, seperti biji atau bunga. Teknik ini dapat membuat kayu dari mana saja, termasuk dari anggota tubuh pengguna, seolah chakra pengguna berubah menjadi sumber kehidupan. Teknik Kayu (木 遁 の 術, Mokuton no Jutsu) ini umumnya berafiliasi dengan segel tangan Ular.

Shakuton : Scorch Release (Elemen Penghangus)

Scorch Release (灼 遁, Shakuton) adalah suatu kekkei genkai. Elemen ini menciptakan chakra yang mampu memanaskan suhu tubuh musuh ke titik di mana semua cairan tubuh menguap dari tubuh mereka, membunuh korban dan meninggalkan mayat kering sebagai sisa dari kehilangan air dalam tubuh mereka. 

Dojutsu, Rinnegan

Rinnegan ditandai dengan pola seperti riak di bola mata, dengan iris dan sklera berwarna ungu muda. Rinnegan dikatakan merupakan Dojutsu yang paling kuat diantara Tiga Dojutsu Hebat (三大 瞳 术, San Daidōjutsu; Secara harfiah berarti "Tiga Teknik Mata Terhebat"). Rinnegan dikagumi sebagai mata yang bisa menggunakan semua ninjutsu. Pengguna mata ini benar-benar dapat menguasai semua transformasi alam dari lima elemen dasar yang membentuk dasar dari semua ninjutsu. Dikatakan bahwa di saat-saat ketika dunia berada dalam kekacauan, seseorang diturunkan dari surga untuk menjadi : "God of Creation" yang akan menenangkan dunia, atau malah menjadi "Destroyer" yang akan menghancurkan semuanya. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan semua kekuatan dari "Kekuatan Enam Jalan" (Tendō, Ningendō, Jigokudō, Gakidō, Shuradō, dan Chikushōdō), serta menggunakan "Kekuatan Jalan ke Tujuh" (Gedō) yang memanipulasi "hidup dan mati".

Dojutsu, Byakugan

Byakugan (白眼; Secara harfiah berarti "Mata Putih", Viz "Semua Melihat Mata Putih") adalah dojutsu, kekkei genkai dari klan Hyuga. Byakugan adalah salah satu dari Tiga Dojutsu Terhebat (三大 瞳 术, San Daidōjutsu; Secara harfiah berarti "Tiga Teknik Mata Terhebat"), bersama dengan Sharingan dan Rinnegan. Kemampuan pertama dari byakugan adalah memberikan pengguna pandangan yang hampir mencakup 360º, kecuali untuk satu titik buta di bagian belakang leher di atas tulang belakang (tengkuk). Setelah mengaktifkan Byakugan, pengguna akan mendapatkan pandangan seluar 50 meter mengeliling disekitar mereka.

Kemampuan kedua adalah mampu melihat menembus benda padat, dan dapat menggunakan hingga tingkat perbesaran seperti teleskop. Jarak dan tingkat perbesaran berbeda pada setiap orang, dan kemampuan ini dapat dilatih dan  ditingkatkan. Dalam Part I, Neji bisa melihat area seluas 50 meter, tetapi kemudian ia meningkatkan jarak pandangnya hingga mencapai 800 meter, sementara jarak pandang  Hinata di Part II membentang setidaknya sejauh 10 km. Namun, byakugan tidak dapat melihat melalui hambatan/penghalang tertentu (kekkei), seperti Four Black Fog Battle Formation yang digunakan oleh Sound Four.

Dojutsu, Sharingan

Sharingan (写 轮 眼; Secara harfiah berarti "Mata berputar peniru", Arti (Viz) "Cermin Mata Berputar") adalah dojutsu, kekkei genkai, yang muncul dalam beberapa anggota klan Uchiha. Ini adalah salah satu dari Tiga dojutsu Terhebat (三大 瞳 术, San Daidōjutsu; Secara harfiah berarti "Tiga Teknik Mata terhebat"), bersama dengan Byakugan dan Rinnegan. Sharingan juga disebut "Mata Surga" (天 眼, Tengan), karena banyaknya kemampuan yang diberikan kepada penggunanya. Kemampuan Sharingan terdiri dari dua bagian:. "Eye of Insight" (洞察 眼, Dōsatsugan) dan "Eye of Hipnotisme" (催眠 眼, Saimingan). Kemampuan pertama dari kekuatan Sharingan ini adalah mampu melihat aliran chakra. Sharingan itu sendiri memberi warna pada chakra, yang memungkinkan pengguna untuk membedakan jenis jenis chakra. Mereka juga dapat mengetahui apakah seseorang berada di bawah genjutsu atau tidak karena aliran chakra seseorang akan menjadi tidak teratur saat berada di bawah genjutsu. Kemampuan kedua dan yang paling menonjol dari kemampuan Sharingan adalah memberikan pengguna sebuah kejelasan yang luar biasa dari penglihatan, yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah mengenali genjutsu dan berbagai macam bentuk chakra, meskipun tidak pada tingkat yang sama sebagai Byakugan.

Dojutsu, Mangekyō Sharingan

Mangekyo Sharingan memiliki kemampuan untuk mengendalikan Kyubi, meskipun Madara Uchiha adalah satu-satunya untuk mencapai kemampuan mengendalikan Kyubi ini, Tobi telah melakukan hal yang sama tetapi hanya dengan Sharingan biasa. Mangekyou Sharingan juga memberikan mereka akses ke teknik kuat lainnya. Mangekyo Sharingan dibedakan dari Sharingan normal dengan penampilannya, yang mengubah bentuk tomoe. Tidak seperti Sharingan, penampilan Mangekyo Sharingan berbeda untuk setiap pemiliknya dan menjadikan Mangekyou Sharingan sesuatu yang khas, misalnya, Itachi dan Kakashi Hatake menyerupai "Pinwheel", dan Sasuke  tampak seperti tiga elips yang saling berpotongan.

Dojutsu, Sharingan ancestor

Shikotsumyaku

Shikotsumyaku (尸骨 脉; Secara harfiah berarti "Dorongan Tulang Mati", Arti (Viz) "Corpse Bone Chain") adalah Genkai kekkei dari klan Kaguya yang sudah punah, yang memberi mereka kemampuan untuk memanipulasi struktur rangka mereka sendiri (osteoblas dan osteoklas mereka) . Dengan menyuntikkan cakra mereka pada kalsium, mereka bisa memanipulasi pertumbuhan dan sifat tulang mereka sesuai keinginan mereka. Kemampuan ini tampaknya menjadi kemampuan yang langka, bahkan di antara anggota klan sekalipun, karena Kimimaro adalah satu-satunya yang menguasai tekhnik ini dari semua anggota klan Kaguya.

Kurama Clan's Kekkei Genkai

Setiap beberapa generasi anggota klan Kurama akan lahir dengan bakat yang luar biasa di bidang genjutsu. Bakat anggota klan di bidang tersebut adalah seperti sebuah genjutsu yang tak tertandingi, dan tak terpatahkan. Selanjutnya, genjutsu ini begitu kuat sehingga menyebabkan otak menganggap apa pun yang terjadi kepada korban dalam genjutsu adalah sesuatu yang nyata secara fisik, yang memungkinkan pengguna genjutsu ini bisa  membunuh lawan-lawan mereka dengan genjutsu saja.

Ranmaru's Kekkei Genkai

Ranmaru memiliki kemampuan kekkei genkai dojutsu yang mirip dengan Byakugan. Dia memiliki kemampuan untuk menggunakan kemampuan matanya untuk menembus dinding rumah dan melihat dunia luar. Bahkan mata ini bisa menggunakan genjutsu yang bisa menipu bahkan Byakugan sekalipun. Kemampuan ini tidak muncul untuk memiliki rentang pandangan seperti Byakugan, tetapi sebenarnya mata ini memiliki kemampuan untuk melawan Byakugan dari Hyuga. Visi Ranmaru juga memungkinkan dia mencari dan melacak orang lain dengan merasakan chakranya, melihat chakra dari jarak jauh, dan melihat perubahan chakra orang lain. Hal ini juga dapat untuk merasakan berapa banyak orang yang berada disuatu tempat tertentu.

Sakon and Ukon's Kekkei Genkai

Kekkei Genai Sakon dan Ukon yang tidak disebutkan namanya itu memberi mereka kemampuan unik untuk memecah tubuh mereka ke tingkat molekul. Dua bersaudara ini biasanya menggunakan kemampuan ini untuk berbagi tubuh, tetapi juga dapat menggunakannya untuk bergabung dengan tubuh orang lain dan menghancurkan sel orang yang digabung tersebut dari dalam. Ketika Sakon sangat membutuhkan bantuan, Ukon dapat membawa beberapa bagian tubuhnya untuk membantu Sakon dalam menghalangi atau menyerang lawan. Lengan dan kaki Ukon dapat muncul dari tubuh Sakon untuk meningkatkan kekuatan dan jumlah serangan fisiknya.

Jenis Kekkei Genkai Beserta Penggunanya 

Bakuton

Deidara 
Gari (Manga)

Byakugan

Ao
Hyūga Elder
Hanabi Hyūga
Hiashi Hyūga
Hinata Hyūga
Hizashi Hyūga
Hoheto Hyūga (Manga)
Kō Hyūga
Neji Hyūga
Tokuma Hyūga 

Futton

Mei Terumi

Hyōton 

Haku
Ibu Haku
Fubuki Kakuyoku
Dotō Kazahana
Nadare Rōga 

Jinton 

Muu
Oonoki

Jinton (Swift Release)

Hiruko (Movie)

Mangekyou Sharingan 

Kakashi Hatake
Danzō Shimura
Itachi Uchiha
Itachi's Crow
Izuna Uchiha
Madara Uchiha
Sasuke Uchiha
Shisui Uchiha

Meiton 

Hiruko (Movie)

Mokuton

Hashirama Senju
Danzō Shimura
Madara Uchiha
Yamato
Zetsu
Ranton 
Darui
Rinnegan
Nagato
Uchiha Madara
Tobi

Shakuton 

Pakura
Sharingan 
Kakashi Hatake
Danzō Shimura
Tobi
Fugaku Uchiha
Hikaku Uchiha
Inabi Uchiha
Itachi Uchiha
Itachi's Crow
Izuna Uchiha
Kagami Uchiha
Madara Uchiha
Obito Uchiha
Sasuke Uchiha
Setsuna Uchiha
Shisui Uchiha
Tekka Uchiha
Yashiro Uchiha 

Shikotsumyaku

Kimimaro

Shōton

Guren

Yōton 

Dodai (Manga)
Kurotsuchi
Rōshi
Son Gokū
Mei Terumī

Sharingan Ancestor

Uchiha Ancestor

Enton

Uchiha Sasuke

Kurama Klan's Kekkei Genkai

Yakumo Kurama

Ranmaru's Kekkei Genkai

Ranmaru

Sakon Ukon's kekkei Genkai

Sakon Ukon

Pengertian Kekkei Tota


Kekkei Tota masih bersaudara dengan Kekkei Genkai. Kemampuan untuk menggabungkan lebih dari satu eleman dasar chakra kemudian membentuk elemen baru. Jika Kekkei Genkai adalah hasil dari penggabungan 2 elemen, maka Kekkei Tota adalah hasil penggabungan antara 3 elemen dasar.


Pengguna Kekkei Tota sangat langka. Sampai saat ini, hanya 2 orang yang baru dikatahui memilki Kekkei Tota. Orang itu adalah Muu (Tsuchikage kedua) dan Oonoki (Tsuchikage ketiga). Mereka berdua sama-sama memiliki Kekkei Tota Jinton : (elemen debu) yang merupakan gabungan dari elemen api, angin, dan tanah.
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar